Sekilas KKL

KKL (Kuliah Kerja Lapangan) adalah salah satu matakuliah pilihan yang ditawarkan di Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat.
Matakuliah ini bertujuan untuk membuka wawasan, pengetahuan dan kosa kata baru mahasiswa dalam desain, arsitektur, dan lingkungan binaan melalui interaksi langsung dengan objek, arsitek, pengelola dan pengguna. Selain itu untuk melatih kepekaan mahasiswa dalam memahami kompleksitas faktor-faktor yang mempengaruhi proses perancangan arsitektur dan lingkungan binaan yang ada di lapangan. Juga untuk mengasah kemampuan mahasiswa dalam merekam, menganalisa dan mendokumentasikan berbagai informasi yang didapat di lapangan, serta menyajikannya menjadi pengetahuan arsitektur yang menarik dan bisa diakses secara luas. Salah satu bentuk rekam informasi tersebut adalah blog ini.

Rabu, 03 November 2010

Sensa Hotel

OLEH:
Ahmad Zaki Irsyadi (H1B1090__)
Achmad Triswandi (H1B108048)

SUMBER:__???__
                            
Hotel ini berada di Bandung, terletak di kawasan Cihampelas tepatnya di Cihampelas Walk (Ciwalk). Hotel ini mulai direncanakan sejak tahun 2006 dan baru mulai dioperasikan pada November 2009. Hotel ini bernuansa modern. minimalis, futuristic dan sangat menyatu dengan kawasan Ciwalk walaupun secara fungsi sangat berbeda jauh. Yang menonjol dari bangunan ini adalah bentuknya yang tidak memiliki siku. Artinya, gedung hotel berketinggian 12 lantai ini menggunakan konsep melengkung atau oval, baik dari segi bangunan hingga ke kamar. Bentuk ini memungkinkan bangunan mendapat sirkulasi udara yang baik. Jadi, bentuk bangunan hotel ini tidak kotak seperti lazimnya penginapan-penginapan lainnya. Apabila dilihat dari udara, bangunan hotel ini akan tampak menyerupai kupu-kupu. Hotel SENSA dibangun diantara rindangnya hutan pinus dan terinterkoneksi ke seluruh spot – spot yang ada di komplek Ciwalk melalui SkyWalk.


SkyWalk Hotel Sensa

Didominasi dengan ruang berwarna putih dan kombinasi hijau, hotel ini tidak terlalu banyak memberikan sentuhan-sentuhan artistik yang berat Meski begitu, tidak sepenuhnya Sensa Hotel mengusung nuansa minimalis. Dengan konsep tersebut memberikan pemandangan 180 derajat mengarah ke kota Bandung dari dalam kamar. Keistimewaan lain, yaitu di tiap kamar mempunyai balkon, yang memungkinkan para tamu bisa menyaksikan pemandangan kota Bandung dengan lebih dekat.

General Manager Sensa Hotel, Reiner Volkmann mengatakan bahwa konsep hotel ini adalah "Surprise", hotel ini terletak tersembunyi, ketika melewati kawasan cihampelas, kita tidak akan bisa melihatnya, setelah masuk main entrance pun hotel ini tertutupi oleh gedung hitam. Namun ketika kita sampai dikawasan parkir dan turun dari mobil baru kita sadar bahwa ada hotel megah berdiri di dekat kita. Konsep "Surprise" ini sangat sukses bagi pengunjung.

Kata Sensa sendiri berasal dari kata sensasional. Sedangkan "What a feeling" merupakan slogan Hotel Sensa, yang merujuk kepada rasa ingin memberikan pelayanan yang personal dan rasa untuk memberikan kualitas pelayanan yang tinggi. Tamu Hotel Sensa diharapkan akan mengalami dan memiliki perasaan yang nyaman, dimanjakan dan perasaan aman pada saat tinggal di hotel, dimana hal tersebut akan menstimulasi kebutuhan untuk kembali dan kembali lagi ke Hotel Sensa.

Lobby
Dengan desain yang apik untuk memberikan yang terbaik dan melebihi ekspek-tasi tamu, Hotel Sensa mempersembahkan 128 kamar dengan berbagai tipe mulai dari superior, deluxe. Junior executive suite, se-nior executive suite, dan sensa suite. Kamar-kamar tersebut memiliki fasilitas yang berbeda. Harga sewa kamar yang ditawarkan di mulai dari Rp 700.000 per malam. Di tiap kamar ada balkon. Begitu pintu balkon dibuka. AC di dalam kamar secara otomatis berhenti, sehingga udara segar masuk dan membuat kamar tetap sejuk meski tidak pake AC. Penggunaan AC di hotel ini juga diminimalkan, kecuali untuk di kamar dan di ruang-ruang pertemuan. Dengan meminimalkan penggunaan AC, itu sudah menjadi salah satu langkah manajemen untuk bersahabat dengan alam.
                                                                               
Beberapa contoh kamar
Secara umum fasilitas yang disediakan di setiap kamar di antaranya ruangan bebas rokok, penyejuk udara, meja tulis, pengering rambut, akses internet (nirkabel), kotak penyimpanan dalarn-kamar, televisi LCD/layar plasma, dan shower yang tersedia di semua kamar.
Dengan menonjolkan fitur layanan kamar 24 jam, lift, coffee shop, layanan laundry/dry cleaning, fasilitas rapat, klub malam, restoran, hotel di Bandung ini yakin akan membuat perjalanan masing-masing tamu menjadi perjalanan yang menyenangkan.
Hotel Sensa juga mempunyai enam ruang pertemuan dengan kapasitas 20-350 orang. Sasaran tamu utama adalah keluarga namun tetap membidik MICE juga. Kebanyakan tamu bisnis atau meeting datang dari Jakarta. Ini dikarenakan Jakarta sudah terlalu ramai dan sumpek, sedangkan Hotel Sensa menawarkan ketenangan suasana dan sejuknya udara karena lokasi di daerah bukit dengan pepohonan nan rindang.
Walaupun terbilang baru, Hotel Sensa telah mencapai okupansi yang mengagumkan, rata-rata pada hari biasa berkisar 7(80% sedang pada peak season atau weekend bisa mencapai 90-95%. Tentunya berkat kerja tim Hotel Sensa yang solid, aktif mengikuti "table top" untuk mengenalkan secara keseluruhan produk Hotel.
Fasilitas food and beverage yang terdapat di Hotel Sensa antara lain adalah life Green, merupakan restoran yang menyediakan hidanganlokal dan internasional. Di samping itu, di restoran ini menyajikan 7 Pulau, yaitu menu a-la-carte khas Indonesia yang berubah setiap harinya. Menu dengan konsep 7 Pulau merupakan sesuatu yang unik dan tidak ditemukan di hotel lain.
                                             
Restoran LifeGreen
Ada pula Lobby Lounge yang terletak di lobi hotel. Lobby Lounge menyediakan berbagai pilihan koktail, wine, kopi, teh, minuman dingin lainnya dan makanan ringan, di empat dengan atsmosfer yang sangat tepat untuk berbincang dengan rekan bisnis, atau hanya sekadar menikmati minuman eksotis.
                                       
Lobby Lounge
Spa dan fitness center menawarkan kemanjaan warisan budaya Indonesia, sebagai bagian dari paket kebugaran secara menyeluruh yang diciptakan hanya untuk tamu Hotel Sensa. Di hotel ini juga terdapat kolam renang, fitness center, dan juga layanan in-room dining.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar